Terima Kasih Ya

Jumat, 09 Mei 2014

Goa Pari Gunungkidul






Lokasi
Jl. Wonosari-Nglipar Km. 5, Padukuhan Duwetrejo, Karangtengah, Gunung Kidul, Yogyakarta.
Tiket
free
Waktu Buka
07.00 – 18.00
Fasilitas/ Obyek Wisata
Gua alam yang masih alami


Gua Pari dan Gua Bening adalah sebuah gua alam yang terletak di dusun duwetrejo desa karangtengah kecamatan Wonosari Kaupaten Gunungkidul. Dari kota wonosari berjarak kurang lebih 6km kearah jurusan Kec.Nglipar. Gua Pari merupakan gua alam yang mempunyai panjang dari pintu masuk selatan menghubung kepintu keluar kearah utara sepanjang kurang kebih 250 meter lebar rata 20 meter, sedangkan ketebalan langit langit kepermukaan tanah bumi kurang lebih 10 meter ketinggian dari dasar goa kelangit langit goa kurang lebih 15 meter.

Di dalam gua pari terdapat banyak ornament staglamit dan juga tiang penyangga terbuat secara alami yang berproses ratusan tahun lamannya . Dulu sebenaarnya gua pari dan gua bening sudah dikenal warga masyarakat sekitar sudah lama sebagai tempat untuk rekreasi dan digua pari sebagai tempat untuk pati geni (bertapa) bagi orang yang masih mempercayai hal hal mistis. karena kurangnya perhatian dari dinas terkait sehingga lama kelamaan gua tersebut dilupakan orang.


Goa Pari menurut cerita rakyat, dulu pada tahun 1816 ada seorang bernama Eyang Kerti Suto yang menemukan Goa Pari. Goa tersebut berada ditengah hutan belantara dan merupakan daerah yang keramat / angker. Eyang Kerti Suto yang sakti bermaksud untuk menggunakan goa tersebut, maka terjadilah negosiasi Eyang Kerti Suto dengan penunggu goa (jin). Konon akhirnya Eyang Kerti Suto diijinkan untuk menggunakan goa tersebut. Akhirnya goa tersebut diginakan oleh warga sekitar sebagai lumbung pangan mayoritas padi atau dalam bahasa jawa padi : pari. makanya nama goa tersebut dinamakan Goa Pari. Goa Pari memiliki kedalaman 5 meter, dengan lebar 8 meter dan panjang 115 meter.



1 komentar: